Freon adalah Senyawa Kimia yang Digunakan untuk Pendingin


Economy and Business
Wrote By Budi Raharjo


Dunia -

Pengertian Freon


Freon adalah senyawa kimia yang berguna sebagai pendingin ruangan dan kendaraan, biasanya digunakan dalam AC, kulkas, atau kendaraan (mobil)

Freon atau refrigerant adalah senyawa kimia atau gas yang biasanya digunakan sebagai fluida untuk menyerap beban pendingin ruangan, karena termasuk dalam senyawa kimia atau gas, freon tidak memiliki warna dan juga tidak berbau.


Jenis Fluida dalam Freon

Freon dibagi dalam beberapa kelas berdasarkan jenis fluida yang digunakan. Jenis-jenis tersebut antara lain 


Penggunaan Freon


Penggunaan Freon secara aman sangatlah dianjurkan. Zat freon ini sebenarnya tidak membahayakan lingkungan selama tidak terlepas ke udara alias instalasi AC tidak mengalami kebocoran. Tapi, jika instalasi bocor dan freon terlepas ke udara, maka akan menjadi racun jika terhirup oleh manusia. Akibatnya antara lain adalah keracunan kloroflourokarbon yang mengakibatkan pembengkakan tenggorokan, sakit tenggorokan, sesak nafas, penglihatan kabur, nyeri perut, irama jantung abnormal dan terganggunya sistem peredaran darah.


Freon AC yang berfungsi membantu mengatur suhu ruangan memiliki jenis yang berbeda-beda. Perbedaan jenis freon pada AC ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan saat penggunaan. Jadi agar anda yakin dengan freon AC yang anda pakai saat ini, coba periksa dulu tipe-tipe freon yang terdapat pada alat yang digunakan. Berikut beberapa jenis freon yang sering digunakan.


Jenis-Jenis Freon


Freon R22

Jenis freon yang satu ini memiliki potensi pemanasan perusakan ozon senilai 0.05 jika dibandingkan dengan jenis freon lainnya yang hanya bernilai 0. Namun, freon jenis ini tidak mudah terbakar.


Akan tetapi, di Indonesia, peraturan pemerintah melalui Departemen Perindustrian dan Perdagangan nomor (41/M-IND/PER/5/2014), (40/M-DAG/PER/7/2014) dan (55/M-DAG/PER/9/2014) menyatakan bahwa sejak tahun 2015 lalu, freon dengan jenis R22 ini dihapus dan tidak diizinkan untuk digunakan lagi. Oleh karena itu, semua pabrik AC di Indonesia dilarang memproduksi, mengimpor atau bahkan menjual produk AC yang masih menggunakan jenis freon R22 ini.


Freon R410A

Jenis freon AC ini biasanya digunakan di tipe AC inverter. Berbeda dengan jenis freon R22, freon jenis ini tidak memiliki potensi perusakan ozon. Sedangkan untuk potensi pemanasan global, freon jenis ini memiliki nilai yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis R22. Sama dengan jenis R22, jenis freon R410A ini juga tidak mudah terbakar.


Freon R32

Jenis freon ini ditemukan oleh Daikin Jepang pada tahun 2012, dan mulai digunakan di line up AC mulai tahun 2013. Jenis freon yang satu ini lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan freon jenis R410A dan memiliki potensi pemanasan global yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan jenis R22 dan R410A. Walau memiliki potensi yang mudah terbakar, freon jenis ini masih aman untuk digunakan untuk AC rumah tangga.


Freon R290

Jenis freon yang satu ini memiliki potensi pemanasan global yang paling rendah jika dibandingkan dengan jenis freon lainnya. Tapi karena angka index dinginnya yang cukup rendah dan tingkat mudah terbakarnya yang cukup tinggi, banyak perusahaan AC yang memutuskan untuk tidak menggunakan freon AC jenis ini.


Freon R11

Jenis Freon R11 ini biasa digunakan untuk flushing atau mengkosongkan AC dengan tujuan untuk membersihkan jalur pipa AC. Flushing ini digunakan untuk mengatasi AC yang jalur pipanya terindikasi mampet.


Freon R134a

Freon R134a sebagai salah satu alternatif memiliki beberapa properti yang baik, tidak beracun, tidak mudah terbakar dan relatif stabil. R-134a juga memiliki kelemahan di antaranya, tidak bisa dijadikan pengganti R-12 secara langsung tanpa melakukan modifikasi sistem refrigerasi (drop in subtitute), relatif mahal, dan masih memiliki potensi sebagai zat yang dapat menyebabkan efek pemanasan global karena memiliki Global Warming Potential (GWP) yang signifikan. Selain itu R-134a sangat bergantung kepada pelumas sintetik yang sering menyebabkan masalah dengan sifatnya yang higroskopis. 


Freon R404a

Freon R404a ini termasuk dalam salah satu refrigerant terpopuler. Sejak 10-15 tahun ini Freon R404a ini sudah menjadi bagian refrigerant yang banyak digunakan orang. Freon 404a ini diperkenalkan dari tahun 1990 sebagai pengganti ozon depleting pendingin bagian CFC seperti R11 dan R502, dan saat ini menjadi pengganti HCFC seperti R22. Di Eropa, Freon R404a ini telah menjadi yang berpengaruh kuat untuk pembeku dan pendingin makanan, selain itu juga digunakan secara luas dalam sistem komersial untuk penyimpanan suhu dingin dan pendingin industri. 

Dalam penggunaannya Freon R404a memiliki beberapa masalah yang perlu diperhatikan agar penggunaannya bisa maksimal, yaitu 


AC rumahmu kurang dingin? AC rumah dingin, tiba2 panas? AC bermasalah? sewa AC untuk acara outdoor atau ulang tahun? AC mu lama, tukar tambah AC untuk menghemat biaya, AC kembali dingin?

Temukan Solusi Perbaikan AC


Jasa service AC, Jasa service AC surabaya, Jasa Cuci AC, Jasa Cuci AC surabaya, Jasa Sewa AC, Jasa Sewa AC Surabaya

Budi Raharjo (Gamajaya AC - sejak 1994)

08175111387 (whatsapp/call)

082132077791 (call/sms)


Tag : jasa cuci ac, jasa cuci ac surabaya, jasa service ac, jasa service ac surabaya, jasa sewa ac, jasa sewa ac surabaya