Tempat Wisata Air Terjun Blahmantung - Tabanan - Bali - Indonesia tempat wisata


Traveling n Fun
Wrote By Traveling n Fun
   

Bali

Tempat Wisata Air Terjun Blahmantung - Tabanan - Bali - Indonesia tempat wisata


Air Terjun Blahmantung - Tabanan - Bali atau juga dikenal dengan nama Air Terjun Pupuan berketinggian sekitar 50 m.  Air Terjun Blahmantung - Tabanan - Bali letaknya tersembunyi di antara tebing-tebing yang tinggi di tengah perkebunan kopi.  Suasana di sekitar Air Terjun Blahmantung masih benar-benar alami. Tidak ada bangunan apapun di sekiitar air terjun selain pura dan gazebo lama.


Sebenarnya ada tiga buah air terjun di kawasan ini.  Air terjun pertama (yang lebih tinggi), letaknya di dekat sebuah pura, dengan ketinggian sekitar 50 meter. Air terjun kedua yang lebih kecil, letaknya di bawah air terjun pertama, dan terpisah jarak sekitar 200 meter. Untuk menuju air terjun kedua harus menyusuri sungai ke arah bawah.  Air terjun kedua ini hanya dapat dilihat dari atas saja karena untuk melihat dari depan/bawah belum ada akses jalan menuju kesana.


Sedangkan untuk air terjun ketiga, akses jalannya agak berbeda dengan kedua air terjun di atas. Untuk mencapainya dari pertigaan (jika belok ke kiri mengikuti jembatan miring akan tiba di air terjun pertama dan kedua) dengan mengambil arah yang lurus (tidak melewati jembatan miring) sejauh beberapa meter dari jembatan tersebut.  Selanjutnya belok kiri, menyusuri jalan setapak di samping sebuah anak sungai (kanal) hingga tiba di Bendungan Irigasi Sabah Hulu.  Air terjun ketiga ini berada di seberang bendungan tersebut.  Sayangnya, air terjun ini tertutup pepohonan dan semak-semak yang rimbun, sehingga tidak bisa kelihatan semuanya.  Bila terlihat semua, air terjun ini tidak kalah indahnya dengan air terjun pertama.


Lokasi 


Terletak di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali.


Berjarak 70 km dari kota Denpasar atau sekitar 2 jam berkendara.  Kondisi jalan menuju ke air terjun ini cukup baik karena Desa Pujungan dilewati Jalan Raya Denpasar - Seririt - Singaraja. Jika dari jalan raya utama Desa Pujungan air terjun ini berjarak sekitar 1500 m.  Jalan masuknya cukup unik, dimana sekitar 1 km jalan berupa tanah dengan paving semen di kanan kiri (untuk roda mobil).  


Dari Denpasar arahkan kendaraan Anda menuju Tabanan/Gilimanuk. Ikuti saja Jalan Raya Denpasar - Gilimanuk hingga tiba di pertigaan Desa Antosari. Dari pertigaan tersebut, Anda belok kanan, dan ikuti terus jalan tersebut sampai di Desa Pujungan (sekitar 27 km dari Antosari). Begitu sampai di sebuah pertigaan di Desa Pujungan (ada penunjuk arah ke Air Terjun Blemantung di sebelah kanan jalan), beloklah ke kanan. Ikuti jalan tanah yang belum diaspal tersebut sampai kira-kira sejauh 1400 meter hingga tiba di dekat sebuah jembatan yang menanjak.